Penghasilan Banyak Atau Sedikit

“Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, daripada penghasilan banyak tanpa keadilan.” (Amsal 16:8)



Bacaan hari ini: Amsal 16:1-33 | Bacaan setahun: Amsal 15-16

Siapa pun ingin mendapatkan penghasilan banyak dari pekerjaannya. Namun dalam kenyataannya tidak semua pekerjaan mendatangkan penghasilan sebanyak yang diharapkan. Itulah sebabnya ada orang mencuri, korupsi, menyuap, menipu dan melakukan berbagai kecurangan dalam pekerjaan demi mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

Salomo mengingatkan bahwa penghasilan banyak, tetapi jika didapat tanpa keadilan, dengan cara yang melanggar firman Tuhan, ia pasti tidak akan mendatangkan kebaikan. Sementara waktu ia sepertinya menikmati kekayaannya, tetapi jika ia peka dengan suara Roh Kudus dalam hatinya, maka ia pasti akan diliputi kegelisahan. Belum lagi perasaan was-was jika kecurangannya akan terbongkar, hukuman pun terbayang di depan mata. Itulah kegelisahan yang diakibatkan oleh dosa, tidak ada damai sejahtera. Tuhan pun tidak dapat dipermainkan. Ada saatnya dosa yang selama ini berusaha ditutup rapat-rapat akan tersingkap. Hidup dalam penghukuman akan dijalaninya, baik di dunia ini maupun dalam kekekalan. Sebaliknya Salomo mengingatkan, meski penghasilan kita sedikit tetapi didapatkan dengan cara yang jujur dan memegang prinsip kebenaran, justru lebih baik. Tuhan akan memberkati pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, jujur dan berpegang pada kebenaran firman Tuhan. Berkat Tuhan, tidak melulu mengenai harta yang melimpah. Bisa jadi Tuhan akan memberkati dengan cukup, tetapi ia dapat menikmati hidupnya dengan sukacita, penuh syukur dan damai sejahtera. Bukankah ini jauh lebih baik dan lebih berbahagia?

Apakah kita takut rugi, takut tidak mendapatkan keuntungan banyak jika kita melakukan pekerjaan dengan jujur dan benar? Ada baiknya setiap kita mengintrospeksi: apa prioritas dan tujuan hidup kita. Jangan sampai mengejar kekayaanlah prioritas dan tujuan hidup kita. Manusia berdosa tidak pernah puas dan kekayaan hanyalah sementara, bisa lenyap dalam sekejap. Lebih baik kita bekerja dengan benar dan takut akan Tuhan, maka Tuhan akan mencukupkan dan memberkati.

STUDI PRIBADI: Apa yang sebenarnya dicari orang ketika mengejar kekayaan? Apa yang seharusnya kita cari dari pekerjaan kita?

Pokok Doa: Berdoalah untuk setiap anak Tuhan agar memiliki cara pandang yang benar dalam bekerja dan dapat melakukan pekerjaan dengan memegang prinsip kebenaran Firman Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *