Kisah Musa

Bacaan hari ini: Keluaran 16:25, 17:6, 1 Korintus 10:1-4 Bacaan setahun: Daniel 4-6


“Selanjutnya kata Musa: Makanlah itu pada hari ini, sebab hari ini adalah sabat untuk TUHAN, pada hari ini tidaklah kamu mendapatnya di padang.” (Keluaran 16:25)

Kehidupan adalah sebuah perjalanan. Dalam perjalanannya, selalu ada pergumulan dan beban. Ada masa-masa tertentu jiwa kita bisa terasa kering, lelah dan tidak berdaya. Dalam kondisi demikian, kepada apa dan siapa kita mencari pertolongan? Apa dan siapa yang dapat memberi kelegaan bagi jiwa yang sedang kelelahan?

Perjalanan hidup bangsa Israel dari tanah Mesir menuju tanah Kanaan selama 40 tahun di padang gurun, juga dipenuhi rintangan, kesulitan dan pergumulan. Kelaparan, kekeringan, kehausan, kedinginan, kepanasan, sakit-penyakit dan kematian. Bagaimanakah mereka bisa menjalani dan melewati perjalanan hidup yang demikian selama 40 tahun berputar-putar di padang gurun? Penyertaan Allah! Pertolongan, kekuatan, dan kelegaan mereka dapatkan dari Allah yang hadir menyertai hidup mereka. Allah hadir sebagai tiang awan dan tiang api, siang-malam menjaga dan melindungi. Allah hadir menyediakan manna, sehingga mereka makan dan menjadi kenyang setiap hari. Allah hadir memberi sabat, agar jiwa mereka punya waktu beristirahat dan menemukan perhentian. Allah hadir menyediakan air yang keluar dari batu karang. Allah hadir dengan berbagai macam cara yang ajaib dan luar biasa, Allah terus memimpin dan memelihara umat-Nya. Selama 40 tahun di padang gurun, dalam pergumulan, kekeringan, ketidak-berdayaan, umat Allah menemukan kelepasan, kelegaan dan juga kekuatan dalam kehadiran dan penyertaan Tuhan.

Melihat kehadiran dan penyertaan Allah dalam kisah exodus, Paulus mengatakan bahwa semua hal itu mengandung janji dan nubuatan Allah akan Kristus. Peristiwa menyeberangi Laut Teberau, turunnya manna dari sorga untuk menyediakan makanan, dan keluarnya air dari batu karang untuk menyegarkan dan memuaskan dahaga bangsa Israel, semuanya ini merupakan gambaran kehadiran Kristus. Kristus telah hadir menggenapi semua nubuatan yang tertulis dalam Kitab Suci. Di dalam Dia, setiap kita dapat menemukan kelegaan, perhentian, kepuasan, keselamatan dan damai sejahtera dalam sepanjang perjalanan hidup kita.

STUDI PRIBADI: Kristus telah hadir menggenapi nubuatan kitab suci dan menyediakan segala yang jiwa dan batin kita butuhkan, sejauh mana hal ini berdampak bagi hidup Anda?

Pokok Doa: Berdoalah agar setiap keluarga Kristen boleh bertumbuh dalam iman, terutama dalam ujian dan kesulitan yang mereka alami, mereka boleh bersatu dan mengalami pengalaman iman dalam hidup mereka.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *