Tidak Ada Waktu Lagi

Bacaan hari ini: Wahyu 10:1-7 | Bacaan setahun: 2 Raja-Raja 9-10, 1 Korintus 11


“Tidak ada penundaan lagi! Tetapi pada waktu bunyi sangkakala dari malaikat yang ketujuh, yaitu apabila ia meniup sangkakalanya, maka akan genaplah keputusan rahasia Allah…” (Wahyu 10:6b-7)

 

Berbicara mengenai akhir zaman, ada banyak teori, pemahaman dan pendapat yang muncul; ada beragam pandangan mengenai apa yang terjadi hari itu dan bilamana hari itu tiba. Tidak jarang peristiwa aneh atau bencana yang ada di dunia ini dikaitkan dengan akhir zaman. Tetapi sesungguhnya kapan waktunya, tidak ada seorang pun yang tahu, hal itu adalah misteri atau rahasia Sang Pencipta. Namun tulisan Yohanes ini akan memberikan gambaran yang benar mengenai akhir zaman atau hari kedatangan Kristus yang kedua kalinya dan apa yang akan terjadi di hari itu, serta bagaimana Kerajaan Allah akan datang ke bumi.

Dalam penglihatannya, Yohanes mendeskripsikan munculnya malaikat yang kuat yang memegang gulungan kitab kecil yang terbuka, serta bersuara nyaring seperti suara singa yang mengaum. Malaikat ini berbicara dengan mengangkat tangannya dan mengatakan satu kalimat penting (ay. 6-7): “Tidak ada penundaan lagi! …maka akan genaplah keputusan rahasia Allah…” Kalimat ini menandakan bahwa sekarang, tidak akan ada penundaan terhadap penggenapan semua nubuat dalam kitab ini, sampai malaikat yang terakhir yaitu yang ketujuh meniup sangkakala. Ini menunjukkan bahwa, Tuhan di masa sekarang menahan penghakiman- Nya dan menunjukkan kesabaran-Nya, demi keselamatan umat manusia. Tetapi sekarang, Tuhan tidak akan lagi menahan, tidak ada lagi penundaan, dan malapetaka kesengsaraan besar akan terjadi.

Tujuan dari penglihatan ini adalah mempersiapkan setiap kita untuk menghadapi penghukuman Allah yang terakhir. Hari dimana berakhirnya akhir zaman dan waktu musuh-musuh Anak Domba dihancurkan. Tetapi selama hari itu belum tiba, hendaklah setiap anak Tuhan mengabarkan berita keselamatan kepada dunia. Akhir dari kesudahannya memang tidak ada seorangpun yang tahu, tetapi waktu itu akan segera tiba, Tuhan akan menggenapkan janji-Nya, Tuhan akan menjatuhkan penghakiman-Nya. Hendaklah semua orang datang kepada Kristus.

STUDI PRIBADI : Apa yang sudah kita lakukan sebagai orang percaya dalam masa-masa penantian ini? Sudahkah kita melakukan tugas untuk memberitakan kabar keselamatan bagi orang di sekitar kita?

Pokok Doa : Berdoa supaya setiap kita tetap setia sampai hari penghakiman itu tiba.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *