Penghukuman Yang Adil

Bacaan hari ini: Wahyu 16:1-7 | Bacaan setahun: 1 Tawarikh 15-16, 2 Korintus 11


“Dan aku mendengar mezbah itu berkata: ‘Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu.’” (Wahyu 16:7)

 

Di dunia ini, kita temukan ada banyak ketidak-adilan terjadi di tengah-tengah kita. Kebenaran dibeli dengan uang dan penghukuman jatuh kepada pihak yang lemah dan miskin. Ada banyak koruptor kelas kakap mendapat hukuman yang lebih ringan daripada pencuri ayam yang terpaksa mencuri karena kebutuhan hidup. Mereka mendapat hukuman yang berat karena tidak mampu menyewa pengacara untuk membela dan mengatur agrumentasi bagi mereka. Ketidak-adilan terjadi di mana-mana hari ini dan hal ini dapat membuat kita putus asa dan gelisah dalam hati kita. Tetapi ingat bahwa Tuhan itu ada dan Dia adalah Tuhan yang adil.

Allah menunjukkan keadilan-Nya melalui penghukuman yang Allah jatuhkan. Dari Bait Suci, tempat kediaman Allah, malaikat diutus-Nya untuk menumpahkan cawan murka yang melambangkan penghukuman Tuhan yang adil. Ketiga cawan pertama ditumpahkan ke bumi, laut, sungai-sungai dan mata air. Tetapi yang menarik adalah dua kali dikumandangkan tentang keadilan Allah atas penghukuman yang Ia jatuhkan. Pertama di ayat 5, “Adil Engkau, Engkau yang ada dan yang sudah ada, Engkau yang kudus, yang telah menjatuhkan hukuman ini”, dan kedua dalam ayat 7, “Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu.” Hal ini kembali menegaskan bahwa Allah adalah Allah yang adil dan menjatuhkan penghakiman yang adil atas dunia.

Di tengah segala pergumulan kita melihat ketidak-adilan di tengah-tengah dunia, ingatlah bahwa ada Allah yang adil dan berkuasa bertakhta atas dunia. Ia akan menjatuhkan penghukuman yang adil kepada manusia. Kita bukanlah hakim atas sesama kita karena kita pun tidak sempurna dan turut berdosa dalam kejatuhan kita. Tetapi Allah akan menegakkan keadilan-Nya atas bumi; bahkan melalui penghukuman-Nya, Allah akan menyatakan keadilan dan kemuliaan-Nya. Berharaplah kepada Tuhan jika kita melihat ketidak-adilan terjadi di tengah-tengah kehidupan kita. Tuhan Mahaadil. Penghukuman-Nya adil bagi setiap kita.

STUDI PRIBADI: Carilah beberapa pemahaman terkait bacaan ini untuk lebih memahami perlambangan cawan pada bagian ini! Adakah orang-orang di sekitar kita yang mengalami ketidakadilan? Doakan mereka agar boleh terus berharap kepada Tuhan.

Pokok Doa: Doakan untuk para penegak hukum di Indonesia, agar mereka boleh melayani masyarakat dengan berintegritas dan tidak ada KKN yang merugikan rakyat kecil.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *