Menjadi Saksi

Bacaan hari ini: Wahyu 11:1-10 | Bacaan setahun: 2 Raja-Raja 13-14, 1 Korintus 13


“Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung.” (Wahyu 11:3, ITB)

 

Dalam bacaan hari ini, melalui penglihatan Yohanes yang diberikan tugas untuk membangun dan mengukur Bait Suci Allah, mezbah, dan mereka yang beribadah di dalamnya kecuali pelataran luar, lalu Tuhan berfirman bahwa Ia akan menghadirkan dua orang saksi-Nya yang bertugas untuk bernubuat sambil berkabung. Kedua saksi tersebut digambarkan sebagai kedua zaitun dan kedua kaki dian yang tidak dapat disakiti oleh musuh mereka. Kedua orang saksi ini mempunyai kuasa untuk menutup langit sehingga tidak terjadi hujan dan mengubah air menjadi darah, serta berbagai malapetaka sesuai keinginan mereka. Mereka juga akan berperang melawan dan dikalahkan oleh binatang yang keluar dari jurang maut setelah mereka selesai bersaksi, bahkan mayat mereka akan dibiarkan selama tiga setengah hari untuk dilihat oleh orang-orang yang bersukacita, berpesta, dan saling mengirim hadiah atas kematian mereka. 

Gambaran yang Yohanes berikan melalui penglihatannya memang tidak sama dengan apa yang kita lakukan pada masa kini sebagai orang percaya namun memiliki karakteristik yang sama, yaitu sebagai saksi. Yesus mengatakan, “Tetapi kamu akan menerima kuasa , kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (Kisah 1:8, ITB).

Sebagai orang percaya yang telah menerima Roh Kudus, saudara dan saya juga dipanggil untuk menjadi saksi bagi Yesus, menyaksikan kabar baik tentang karya keselamatan yang dikerjakan Tuhan kita Yesus Kristus, menyaksikan kehidupan dan pengajaran-Nya, menyaksikan kasih-Nya, tanpa takut karena dijamin oleh kuasa Tuhan, menjadi saksi dimanapun berada, kepada segala suku, bangsa, dan bahasa. Semoga kelak di surga, kita dapat bertemu dengan kedua saksi Tuhan yang menggoncangkan dan luar biasa tersebut serta dapat berbagi cerita tentang pengalaman menjadi seorang saksi bagi Tuhan.

STUDI PRIBADI : Sudahkah Anda menjadi saksi yang baik bagi Kristus? Kepada siapa Anda akan bersaksi hari ini? Sejak saat ini, maukah Anda mulai mendoakan orang lain dengan menyebut namanya agar mendapatkan kesempatan untuk bersaksi bagi mereka?

Pokok Doa : Berdoalah bagi setiap orang Kristen yang sudah diselamatkan agar mereka mau menjadi saksi, berkat dan juga teladan bagi sesamanya, Amin.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *