Mengerikan

Bacaan hari ini: Wahyu 9:7-12 | Bacaan setahun: 2 Raja-Raja 3-4, 1 Korintus 8


“Celaka yang pertama sudah lewat. Sekarang akan menyusul dua celaka lagi.” (Wahyu 9:12)

 

Bagian ini adalah gambaran yang mengerikan yang dilihat oleh Rasul Yohanes.

Terlihat ada kumpulan belalang dengan jenis yang berbeda dari jenis belalang biasanya. Sebab terlihat jutaan belalang dengan wajah seperti manusia. Di atas kepalanya terdapat sesuatu menyerupai mahkota emas. Rupa belalang itu seperti kuda. Rambutnya tampak seperti perempuan, giginya seperti gigi singa yang tajam yang dapat dengan mudah mencabik- cabik mangsanya. Ini bukan belalang biasa, belalang ini menggunakan baju zirah. Bahkan ketika belalang ini terbang, suaranya terdengar seperti suara kereta yang sedang ditarik banyak kuda. Pada bagian ekor terlihat seperti ekor kalajengking dengan sengatnya yang dapat membuat orang menderita kesakitan selama lima bulan lamanya. Kumpulan belalang mengerikan ini dipimpin oleh raja yaitu malaikat dari jurang maut. Dalam bahasa Ibrani namanya adalah Abadon dan dalam bahasa Yunani adalah Apolion. Kedua nama ini memiliki makna yang sama yaitu penghancur dan perusak. Pulpit Commentary menyebutkan bahwa nama itu mengartikan karakter malaikat dari jurang maut. “Dia adalah pembunuh sejak semula” (Yoh. 8:44). Jelas ini adalah Iblis, sosok malaikat yang jatuh dari langit yaitu malaikat yang melawan Allah.

Sungguh mengerikan penderitaan yang disebabkan oleh kumpulan belalang ini. Meski lima bulan bukan waktu yang singkat untuk mengalami penderitaan yang mengerikan ini, waktu ini tidaklah sebanding dengan penderitaan yang akan dialami jika seorang tidak memiliki meterai Allah di dahinya, yaitu setiap orang yang tidak percaya kepada Yesus. Hal ini ingin menunjukkan bahwa melalui penderitaan, Allah mau agar manusia bertobat dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Bagaimana dengan Anda saat ini? Masihkah ada beban dosa yang membebani Anda? Selagi masih ada kesempatan, bertobatlah dan kembali kepada Allah, percayalah kepada Yesus. Sebab di dalam Dia, penderitaan beban menjadi ringan dan kita akan diberikan kelegaan.

STUDI PRIBADI: Apakah penderitaan yang Anda alami saat ini disebabkan oleh dosa yang Anda perbuat? Atau Anda adalah orang yang menderita karena mengikut Yesus?

Pokok Doa: Berdoalah agar jemaat Tuhan, untuk tetap percaya dan beriman kepada Tuhan Yesus meski mengalami penderitaan. Tuhan menuntun umat Tuhan untuk memilih jalan yang benar.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *