Saling Mengasihi

“Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” (1 Yohanes 3:18)



Bacaan hari ini: 1 Yohanes 3:11-18 | Bacaan setahun: 1 Yohanes 3

Pada dasarnya, tiap manusia membutuhkan kasih sayang, baik untuk mengasihi atau dikasihi. Namun sejak manusia jatuh ke dalam dosa, saling mengasihi tidak semudah yang kita sadari dan ucapkan. Ada kalanya kita tahu harus saling mengasihi, namun dalam prakteknya banyak hal membuat kita gagal saling mengasihi. Di tengah segala tantangan dan kesulitan untuk mengasihi, Firman Tuhan selalu mengingatkan kita sebagai anak-anak Tuhan untuk hidup saling mengasihi.

Perikop hari ini memberikan kita kebenaran dasar mengapa kita harus saling mengasihi. Landasan yang diberikan rasul Yohones adalah karena ini merupakan pesan atau perintah Tuhan sejak semula (ay. 11). Sebagai orang percaya, kita bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya, karena pada dasarnya ia memang jahat dan melakukan kejahatan (ay. 12). Bagi rasul Yohanes, kasih adalah tanda dari kelahiran baru dan keselamatan kita di dalam Yesus Kristus. Bagaimana seseorang tahu bahwa ia sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup yang kekal? Bagaimana seseorang yakin bahwa ia sudah diselamatkan? Tidak lain dan tidak bukan, tandanya adalah ketika ia hidup mengasihi saudaranya (ay. 13-15). Janganlah kita menipu diri sendiri dengan iman yang kosong dan palsu, seseorang yang sudah lahir baru seyogyanya hidup saling mengasihi.

Pemahaman demikian bukan berasal dari rasul Yohanes saja, tapi dari kehidupan Tuhan Yesus sendiri. Tuhan Yesus, ketika dikatakan mengasihi orang berdosa, Ia buktikan dengan menyerahkan nyawa-Nya bagi manusia berdosa. Maka, sebagai orang percaya kita juga dipanggil untuk hidup saling mengasihi seperti Kristus telah mengasihi kita. Cara Kristus mengasihi harus menjadi modal dan model bagi orang percaya untuk hidup saling mengasihi (ay. 16). Kasih Kristus bukan sekadar diucapkan tetapi diwujudkan melalui perbuatan dan dalam kebenaran. Ketika ada saudara yang kekurangan dan membutuhkan, sebagai orang percaya kita tidak mungkin menutup pintu hati dan pura-pura tidak tahu (ay. 17-18). Untuk itu saudara, marilah kita terus hidup saling mengasihi, sebagaimana Kristus telah mengashi kita. Bukan dengan perkataan, tapi perbuatan dan dalam kebenaran.

STUDI PRIBADI: Hal apa yang membuat kita sulit mengasihi sesama? Siapakah orang yang paling sulit kita kasihi? Mengapa? Dan bagaimana Saudara harus mengatasinya?

Pokok Doa: Berdoa agar setiap umat Allah semakin giat dan berkobar-kobar memancarkan Kasih Kristus kepada semua orang yang ada di sekitarnya.

×

1 Yohanes 3 : 11

11 Sebab inilah berita yang telah kamu dengar dari mulanya, yaitu bahwa kita harus saling mengasihi;

×

1 Yohanes 3 : 12

12 bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar.

×

1 Petrus 3 : 13-15

13 Janganlah kamu heran, saudara-saudara, apabila dunia membenci kamu.

14 Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut.

15 Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

×

1 Petrus 3 : 16

16 Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita.

×

1 Yohanes 3 : 17-18

17 Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?

18 Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.

×

Ibrani 1 : 4

4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.

×

Keluaran 6 : 5-7

5 (6-4) tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israel yang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku.

6 (6-5) Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.

7 (6-6) Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir.

×

Keluaran 20 : 1-2

1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:

2 "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.

×

Ibrani 8 : 2

2 dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia.

×

Mazmur 110 : 4

4 TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek."

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *